HARI GURU

Posted on

HARI GURU

Sejarah yang panjang untuk menentukan tanggal 25 November dijadikan Hari Guru Nasional. Pada masa Belanda menguasai bangsa ini pada tahun 1912, para guru membentuk organisasi yang berisikan guru pribumi dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda dan diberi nama dengan Persatuan Guru Hindia Belanda atau disingkat menjadi PGHB.
Dengan lahirnya PGHB tersebut muncullah organisasi-organisasi guru lain, sebut saja Persatuan Guru Bantu (PGUB), Perserikatan Guru Desa (PGD),Persatuan Guru Ambachtschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB) dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Mendengar informasi tersebut, pemerintah Hindia Belanda sangat heran karena bencinya pemerintah Hindia Belanda terhadap kata yang bertuliskan INDONESIA. Pada masa kependudukan Jepang, aktifitas PGI tidak bisa melakukan banyak hal untuk memperjuangkan para guru bahkan banyak sekolah ditutup.

Aroma proklamasi yang di bacakan oleh bapak proklamator Bung Karno, pada tanggal 17 Agustus 1945 yang menandakan kemerdakaan bangsa Indonesia, membuat PGI tumbuh semangatnya untuk melanjutkan perjuangan yang tertunda, tepat tanggal 24-25 November 1945, di Surakarta, diadakanlah Kongres yang menghasilkan salah satunya merubah nama yang berawal dari Persatuan Guru Indonesia menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tepat pada tanggal 25 November 1945 nama organisasi tersebut diresmikan dan dijadikan Hari Guru Nasional serta Hari Ulang Tahun PGRI. Namun Hari Guru Nasional belum mendapatkan keputusan resmi dari pemerintah pada saat itu. Pada tahun 1994 melalui keputusan presiden no 78 tahun 1994, mulailah Hari Guru Nasional diresmikan.

Mungkin itu sejarah singkat yang bisa saya tulis mengenai hari Guru Nasional. Berharap Guru-guru Indonesia, selalu diperhatikan oleh pemerintah, mengingat masa depan bangsa terletak pada kaum terpelajar, serta tak akan ada pelajar jika tak ada yang mengajar.

Guru bukan hanya sebatas mengajar apa yang telah diajar. Namun Guru selalu berada pada barisan terdepan untuk mencetak generasi bangsa yang lebih mandiri dan mampu bersaing dengan negara lain. Dengan rasa optimis dan saya yakin, Guru Indonesia mampu mewujudkan bangsa yang mandiri dan mampu bersaing dengan negara lain.

Saya Mudzakir Faozi atau mister zie, yang tak pantas untuk mengajar dan akan terus belajar mengucapkan Selamat Hari Guru Nasioanl 2019 dan HUT PGRI ke 74. Guru Indonesia mampu mewujudkan Indonesia Maju.

misterzie
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *